Definisi Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli :
Shiffman dan Kanuk (2000) adalahperilaku
yang diperhatikan konsumen dalam mencari,membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkandapat memuaskan konsumen untuk
dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang
ditawarkan.
·
Loudon dan Della Bitta (1993) adalah konsumen adalah proses
pengambilan keputusan dan kegiatan fisik individu-individu yangsemuanya ini
melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, menggunakan, atau mengabaikan
barang-barang dan jasa-jasa.
·
James F et al ( 1994 ) : perilaku konsumen adalah
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan
menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan
menyusuli tindakan ini.
Schiffman dan Kanuk (1994) : perilaku konsumen adalah proses
keputusan dan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi,
mendapatkan, menggunakan, atau memberikan barang dan jasa yang diperolehnya.
Jadi Kesimpulan :
Perilaku Konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka
dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah
bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang
telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Perilaku
Konsumen bersifat dinamis, dengan artian bahwa
perilaku konsumen, kelompok konsumen, atau masyarakatluas selalu berubah dan bergerak
sepanjang waktu.
Perilaku
Konsumen melibatkan interaksi afeksi (perasaan), kognisi (pemikiran),
perilaku dan kejadian di lingkungannya.
Perilaku
konsumen melibatkan pertukaran. Pertukaran ini terjadi pada sesama manusia.
Misalnya, seseorang menyerahkan suatu nilai (value) kepada orang lain, dan
menerima sesuatu sebaliknya.
Bidang studi
yang terkait dengan perilaku konsumen
1. Sosiologi
Memberikan
sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen seperti
konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender dan gaya hidup
yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupun kelompok.
2.
Antropologi
Memberikan
sumbangan dalam memahami fenomena konsumsi ritual, mitos, simbol dan aspek
budaya lainnya.
3.
Ekonomi
Membantu
dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan
respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumsi akibat
perbedaan tingkat ekonomi antar masyarakat.
4.
Psikologi
Membantu
dalam memahami proses-proses psikologi yang sifatnya individual seperti
kepribadian, motivasi, persepsi, proses belajar, sikap dan dinamika kelompok
yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
Sutisna,2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, cetakan kedua, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. Perilaku
Konsumen dan Strategi Pemasaran, Alih bahasa Damos Sihombing, Penerbit
Erlangga, Jakarta, 1999
Engel, James F., Blackwell, Roger D., dan Miniard, Paul W., Perilaku
Konsumen,Alih bahasa Budiyanto, Binarupa Aksara, Jakarta, 1994
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id